Latest Updates

Cara Instal Guest Addition VirtualBox

Jika Anda pengguna VirtualBox, Anda mungkin belum tahu cara instal Guest Addition VirtualBox. Fitur Guest Addition ini sendiri adalah fitur tambahan yang memberikan Anda performa lebih baik untuk sistem operasi guest VirtualBox. Ingin tahu lebih lanjut? Bacalah artikel cara instal Guest Addition VirtualBox ini.




Instal Guest Addition VirtualBox, caranya:

Instal Guest Addition VirtualBox di Windows

Guest Additions yang terinstal pada sistem guest VirtualBox akan memasukkan driver serta sistem aplikasi yang akan mengoptimalkan performa sistem guest. Anda dapat menjalankan guest OS di VirtualBox, dan mengklik pada menu Devices>Install Guest Additions. Setelah itu, jendela AutoPlay akan terbuka, yang akan muncul pada jendela guest OS. Klik pada kotak “Run VBoxWindowsAdditions.exe”. klik yes saat layar UAC muncul. Dan setelah itu, Anda dapat mengikuti wizard instalasi yang akan muncul, dengan mengklik Next. Selama wizard instalasi, Anda bisa memilih Direct3D acceleration jika Anda ingin mengaktifkannya. Ingat, fitur akselerasi tersebut akan mengambil lebih banyak sumber daya host OS dan bersifat eksperimental, dan memungkinkan guest OS tidak stabil.

Saat proses instalasi dimulai, Anda harus membolehkan display adapter Sun terinstal. Dan setelah proses instalasi selesai, Anda dapat melakukan restart pada komputer Anda.


Instal Guest Addition VirtualBox di Ubuntu

Jika Anda memiliki sistem operasi Ubuntu yang menjalankan virtual machine dari VirtualBox, Anda dapat instal Guest Addition VirtualBox dengan cukup mudah, layaknya pada Windows. Jalankan VirtualBox di Ubuntu, klik menu Devices>Install Guest Additions.

Dengan mengklik menu tersebut, Anda akan melakukan mount ISO yang akan menampilkan ikon di desktop. Anda juga akan mendapatkan kotak pesan berbunyi “This medium contains software to be automatically started, Would you like to run it?”. Klik Run pada kotak tersebut. Setelah itu, masukkan password admin dan klik OK. Selanjutnya, setelah Anda melihat proses instalasi dimulai, dan akan berakhir saat Anda harus menekan tombol Enter. Tentu saja, Anda juga harus melakukan restart komputer saat proses instalasi selesai.


Instal Guest Addition VirtualBox dengan Instalasi Command Line

Jika proses diatas ini tidak bekerja, atau Anda ingin menggunakan Terminal untuk instal Guest Addition VirtualBox, gunakan cara dibawah ini.

Pertama-tama, bukalah Terminal, dan ketikan perintah dibawah ini:

cd /media/cdrom

ls

sudo ./VBoxLinuxAdditions-x86.run

Sekali lagi, Anda harus restart komputer Ubuntu Anda, baik dari GUI atau mengetikkan sudo reboot dari Terminal.

0 Response to "Cara Instal Guest Addition VirtualBox"

Post a Comment